Peristiwa

Tinggalkan Obat Nyamuk Bakar Menyala, Rumah Ludes

SERANG, LBC – Satu rumah di Kampung Cihayam, RT02/07, Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang ludes terbakar, Minggu (1/8/2021) pukul 10.30 WIB. Api diduga berasal dari obat nyamuk bakar yang masih menyala dan menjalar ke tempat tidur hingga menghangguskan seluruh bangunan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, pihaknya menerima laporan adanya kebakaran tidak lama setelah kejadian. Berdasarkan informasi yang diterima Nana, lima menit setelah kejadian warga langsung membantu memadamkan api yang membakar rumah dengan peralatan seadanya. Kata Nana, rumah terbakar disebabkan kecerobohan pemilik rumah yang meninggalkan obat nyamuk bakar dalam keadaan masih menyala.

“Api dari obat nyamuk bakar menjalar ke bagian tempat tidur yang terbuat dari kapuk dan kondisi rumah dalam keadaan kosong, jadi tidak ada korban jiwa,” ungkap Nana melalui sambungan telepon seluler, semalam.

Akibat kejadian tersebut, disebutkan Nana, semua perabotan yang ada di rumah, termasuk bangunan kondisinya ludes terbakar. Pihaknya belum mengetahui informasi kerugian yang dialami korban.

Advertisement

“Ini jelas penyebabnya human error. Pemilik rumah sudah lansia 75 tahun dan tinggal sendiri,” tandasnya.

Anggota Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) BPBD Kabupaten Serang Jhony E Wangga menambahkan, akibat kebakaran pemilik rumah sementara menumpang tinggal di rumah tetangga. Ia mengimbau, masyarakat untuk berhati-hati saat meninggalkan rumah. Pastikan barang yang mudah terbakar dalam keadaan mati, termasuk listrik agar tidak korslet.

“Intinya segala sesuatu harus waspada, jangan ceroboh,” imbaunya. (zai)

Back to top button