Pemerintahan

Turun Zona Orange, Pemkot Cilegon Masih Lakukan Pengawasan Ketat

CILEGON, LBC -Upaya Tim Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon dan meningkatnya kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan (prokes) berbuah manis. Yang tadinya wilayah Kota Cilegon statusnya berada di zona merah Covid-19, kini menurun menjadi zona orange.

Menanggapi hal itu, Walikota Cilegon Helldy Agustian mengaku bersyukur. Kendarti demikian, Helldy berpesan agar Tim Satgas Percepetan Penanganan Covid-19 tetap lakukan pengawasan melekat.

“Selama sekitar dua minggu ini sudah tidak ada penambahan pasien Covid-19. Bahkan pasien yang sembuh bertambah terus. Kami bersyukur Kota Cilegon sudah masuk ke zona orange yang sebelumnya zona merah,” ucap Helldy disela-sela kunjungan vaksinasi massal di Alun-alun Cilegon, Rabu (4/8/2021).

Menurut Helldy, penurunan status wilayah itu diiringi kesadaran warga Cilegon yang sudah mengalami peningkatan menerapkan prokes Covid-19. Seperti mengenakan masker saat keluar rumah dan mencuci tangan dengan sabun baik sebelum maupun sesudah melaksanakan aktifitas, selain disiplin menjaga jarak.

Advertisement

“Peningkatan ini tentunya atas kerjasama yang baik dari seluruh pihak, dimana peran pemerintah dan masyarakatnya sendiri saling bersinergi. Mudah-mudahan dari zona kuning bisa turun lagi ke zona hijau,” harapnya.

Kendari sudah menurun status wilayah, ditegaskan Helldy, pihaknya tetap akan melakukan pengawasan melekat, selain saat ini vaksinasi Covid-19 masih terus berjalan, karena pemerintah pusat kembali memperpanjang PPKM Level 4 untuk daerah Jawa dan Bali akibat masih pandemi Covid-19.

“Tetap kami akan ketatkan protokol kesehatan Covid-19. Apabila ingin dibuka kembali kegiatan-kegiatan pelaku usaha dan lainnya, tentu kami akan melakukan rapat terlebih dahulu,” tandasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilegon Dana Sujaksani menambahkan, trend positif penurunan status Covid-19 di wilayahnya harus dipertahankan. Kalau bisa, diharapkan Dana, status turun lagi masuk ke zona kuning atau hijau.

“Ini sebuah kabar baik yang patut kami syukuri, harus dicari juga trend positif ini dari apa? Apakah kesadaran masyarakat sudah meningkat atau protokol kesehatan benar-benar dijalankan. Kalau itu dilakukan, maka pertahankan. Kalau bisa angka sembuh naik tajam, maka sudah bisa dikatakan zona kuning dan terus ke zona hijau,” katanya. (Anto/zai)

Back to top button