News

Urgent, Syafrudin Minta Warga Proaktif Laporkan Peredaran Narkoba

SERANG, LBC– Persoalan narkoba dinilai sebagai masalah urgent (darurat), tak terkecuali di Kota Serang sehingga perlu ditangani serius. Untuk itu, berbagai upaya pencegahan perlu dilakukan. Salah satunya, warga harus proaktif melaporkan adanya peredaran barang haram tersebut.

Hal ini disampaikan Walikota Serang Syafrudin saat menghadiri acara Pencanangan Kampung Tangguh Anti Narkoba yang diselenggarakan Polda Banten di Lingkungan Sukadiri, Kelurahan Kesunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Rabu (25/8/2021).

“Sesunguhnya narkoba masalah bersama yang sangat urgent yang harus menjadi prioritas pemerintah,” ujar mantan birokrat ini.

Menurut Syafrudin, dibutuhkan keterlibatan masyarakat untuk menghalau peredaran narkoba di wilayahnya yang merupakan Ibukota Provinsi Banten tersebut. Untuk itu, Syafrudin meminta warga proaktif melaporkan informasi adanya dugaan kuat terjadinya peredaran narkoba di Kota Serang.

Advertisement

“Kepada masyarakat untuk ikut serta dalam hal ini. Jika masyarakat mendapatkan informasi tentang peredaran narkoba atau lainnya untuk bisa menginformasikan kepada pemerintah atau aparat kepolisian dan TNI secara akurat,” imbau Ketua Persatuan Perguruan Silat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Bandrong Banten Indonesia ini.

Jika berbicara penanganan narkoba, menurut Syafrudin, bukan hanya pada konteks pemberian efek jera dengan sanksi hukum, persoalan penting lain yang harus diperhatikan yaitu soal pencegahan, rehabilitasi, dan pemberdayaan masyarakat agar tidak terjerumus narkoba.

Untuk itu, Syafrudin menyambut baik gagasan pembentukan Kampung Tangguh Anti Narkoba. Tentunya, dinilai Syafrudin, sinergisitas TNI-Polri bersama pemerintah ini menjadi salah satu upaya penanggulangan bahaya narkoba. Ke depan, Syafrudin berharap, Kampung Tangguh Anti Narkoba menjadi percontohan lingkungan lainnya di Kota Serang.

“Saya berharap, Kampung Tangguh Anti Narkoba ini konsisten menjalankan programnya. Saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat tetap semangat dan berlomba-lomba berbuat baik. Semoga masyarakat tetap produktif dan Kamtibmas kondusif,” harap Ketua DPD PAN Banten ini. (Sofi Mahalali/zai)

Back to top button