Kesehatan

Vaksin Dosis Ketiga Dimulai di Kota Tangerang, Sasar 10.238 Nakes

TANGERANG, LBC— Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan (nakes) di kantor Dinkes Kota Tangerang, Sabtu (7/8/2021). Vaksinasi menyasar 10.238 nakes yang ada di Kota Tangerang.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah yang meninjau pelaksanaan vaksinasi di lingkungan kantor Dinkes Kota Tangerang mengungkapkan, pihaknya saat ini mulai melakukan vaksinasi dosis ketiga untuk nakes yang ada di Kota Tangerang. Arief pun menargetkan, proses vaksinasi khusus nakes rampung dalam kurun waktu sampai dua minggu ke depan. Tujuan vaksinasi ketiga bagi nakes, dijelaskan Arief, untuk meningkatkan efikasi dan mencegah nakes di Kota Tengarang sebagai garda terakhir penanganan Covid-19.

“Jangan sampai ikut terpapar (merujuk ke nakes-red). Sasarannya 10.238 nakes yang ada di Kota Tangerang,” ungkap Arief kepada wartawan.

Diungkapkan Arief, vaksin yang digunakan jenis Moderna. Vaksin, lanjut Arief, baru didistribusikan semalam.

Advertisement

“Sekarang kita mulai di seluruh pelayanan kesehatan, ada puskesmas, Dinkes, dan rumah sakit semua sudah didistribusikan,” tegasnya.

Berdasarkan data yang diterima Arief, Nakes di Kota Tangerang yang sempat terpapar mencapai 748 orang. Dengan adanya vaksin dosis ketiga, Arief berharap, dapat menambah kekuatan atau mengurangi risiko keterpaparan.

“Mudah-mudahan dengan booster bisa mengurangi keterpaparan nakes dalam melayani masyarakat. Saat ini stok vaksin yang ada sebanyak 812 fial. Satu fial bisa untuk 13 sampai 14 orang,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu nakes peserta vaksin, Drg Sari Nur Arofah (43) berharap, dengan adanya vaksin dosis ketiga dapat memperkuat para nakes dalam melayani masyarakat di tengah pandemi Covid19.

“Untuk vaksinasi ini, saya tidak ada kesiapan khusus, hanya istirahat cukup dan sarapan,” aku warga Karawaci ini. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button