Kesehatan

Vaksinasi di Polsek Balaraja Diapresiasi Wakapolresta Tangerang

TANGERANG, LBC – Upaya mewujudkan herd Immunity (kekebalan kelompok) terus digencarkan pemerintah. Tak terkecuali pihak kepolisian, seperti Polsek Balaraja yang menggelar vaksinasi dosis pertama kepada 320 warga Kecamatan Balaraja dan Sukamulya di halaman Mapolsek Balaraja, Sabtu (4/9/2021). Bahkan, pelayanan vaksinasi mendapat apresiasi dari Wakil Kepala Polisi Resort Kota (Wakapolresta) Tangerang.

Kegiatan vaksinasi di Polsek Balaraja ditinjau langsung oleh Wakapolresta Tangerang AKBP  Leonard. Tampak pelaksanaan vaksinasi tertata dengan baik, rapi, tertib, dan tidak berkerumun.

Leonard menilai, vaksinasi yang diselenggarakan Polsek Balaraja sangat baik dan dapat menjadi percontohan instansi lainnya, khususnya Polsek dalam naungan Polresta Tangerang. Sebab, Polsek Balajara mampu menyelenggarakan vaksinasi secara mandiri dengan merangkul tenaga kesehatan (nakes) yang berada di wilayahnya.

Leonard juga menilai, menajemen pelaksanaan vaksinasi tertata dengan sangat baik. Dimulai dari pendaftaran yang sudah direkrut oleh masing- masing Bhayangkara Pembinaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkantibmas), pengaturan jam datang peserta, hingga input data peserta untuk pemberian kartu tanda sudah divaksin.

Advertisement

“Pelayanan kepada warganya juga baik. Ini menajemen vaksin yang benar. Kalau ada penilaian dari angka 1-10, saya kasih lebih dari itu deh!. Intinya, Polsek Balaraja menyelenggarakannya sangat baik,” ucapnya.

Menanggapi itu, Kapolsek Balaraja Kompol Gede Prasetia Adi Sasmita menuturkan, kegiatan vaksinasi melibatkan nakes dari rumah sakit, klinik, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Tangerang, perawat, relawan  dan perusahaan yang ada di wilayah Kecamatan Balaraja dan Sukamulya. Ia berharap, masyarakat di wilayah hukumnya mau bahu-membahu mewujudkan percepatan vaksinasi sebagai program prioritas pemerintah.

“Saya ucapkan terima kasih untuk para nakes yang sudah terlibat. Termasuk teman-teman Ormas (organisasi masyarakat) dari PP, LMP, LMPI dan semuanya. Tak lupa, dari Taman Baca Balaraja,” ucapnya.

Kapolsek menghimbau, warga yang hendak divaksin di Polsek Balaraja pada periode berikutnya, saat registrasi awal melalui Bhabinkantibmas agar melampirkan fotocopi KTP kalau sudah berpindah tempat tinggal, serta melampirkan surat domisili. Selain itu, lanjutnya, mencantumkan nomor ponsel untuk mempermudah komunikasi.

“Mudah-mudahan kegiatan berjalan lancar,” harapnya.

Salah satu peserta vaksinasi yang juga selaku Ketua RT 003/ 003 Kampung Tegalmurni, Kelurahan Balaraja, Ucu Sunandar (45) menyambut baik kenyamanan pelayanan yang diberikan Polsek Balaraja selama vaksinasi berlangsung.

“Vaksinasinya tertata baik,” ujarnya.

Hal senada disampaikan peserta vaksinasi lainnya, Rifka (18) warga Kampung Pasir, Desa Sentul yang mengaku merasa terbantu atas vaksinasi yang digelar Polsek Balaraja. Apalagi, kaat Rifka, vaksin menjadi syarat melamar pekerjaan di perusahaan yang ditujunya.

Alhamdulillah, pas lagi butuh di Polsek Balaraja ada vaksinasi,” ucapnya. (Iqbal Kurnia Musyab/zai)

Back to top button