Kesehatan

Vaksinasi Malam Hari, Warga Komplek di Tangerang Dihibur Artis KDI

TANGERANG, LBC– Malam hari saat untuk melepas penat setelah menjalankan aktivitas kerja. Namun, tidak bagi aktivis Gerakan Pembaharuan Generasi (Gerhana) Indonesia yang nekat menggelar kegiatan vaksinasi pada malam hari di Kabupaten Tangerang.

Selasa (28/9/2021), kegiatan vaksinasi oleh Gerhana dibantu jajaran Kodim 0510 Tigaraksa, Koramil 13 Cisoka dan tokoh masyarakat di Perumahan Taman Kirana Surya, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. Vaksinasi dosis satu dan dua itu digelar mulai dari 19.00 – 22.00 WIB.

Tapi ada yang berbeda tidak seperti kegiatan vaksinasi lainnya. Yakni, Gerhana menghadirkan artis Ibukota jebolan Kontes Dangdut Indonesia (KDI) 2 Ahmad Subada Genta atau lebih dikenal dengan sebutan Genta dengan suara merdunya untuk menghibur para warga. Melalui tembang lagu ‘Dua kursi dan mawar putih’ menambah keceriaan warga yang menjadi peserta vaksinasi malam itu.

Ketua Umum Gerhana Inuar Gumay mengatakan, kegiatan vaksinasi selain membantu capaian target Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang sebanyak 2 juta orang divaksin pada Desember mendatang, juga untuk memudahkan warga yang mempunyai kesibukan pada siang hari untuk vaksin, khususnya pekerja sektor formal.

Advertisement

Selain itu, menurut Inuar, malam hari kondisi cuaca cenderung sejuk yang membuat gelaran vaksinasi lebih kondusif dibandingkan siang hari yang panasnya terik. Ia berpendapat, kondisi sejuk membuat para peserta vaksin lebih rileks dan tidak tegang. Kondisi itu membuat tekanan darah peserta vaksinasi cenderung stabil.

“Vaksinasi ini bentuk kerja sama antara Gerhana, Kodim 0510 Tigaraksa, Koramil 13 Cisoka didukung artis Genta untuk menghibur masyarakat,” terangnya.

Innuar menambahkan, vaksinasi digelar selama lima hari dan sudah dimulai sejak Senin-Selasa (27-28/9/2021) siang hari dan Rabu, Kamis – Jum’at (28-29-30/9/2021) digelar malam hari. Ia pun mengundang warga yang ingin divaksin dosis satu dan dua untuk ke Perumahan Taman Kirana Surya Blok D 04/09 RT.004 RW.008, Desa Pasanggrahan.

“Acaranya dimulai dari jam tujuh sampai jam 10 malam. Syaratnya cukup membawa KTP saja,” ajaknya.

Sementara itu, Artis Jebolan KDI, Genta juga mengajak seluruh warga Indonesia, khususnya warga Solear dan sekitarnya untuk datang dan mengikuti vaksinasi di tempat terdekat yang mudah dijangkau agar cepat terbentuk herd immunity (kekebalan kelompok). Selain itu, vaksin juga menjadi syarat menggunakan transportasi umum seperti busway, kereta, termasuk ke mal.

“Ayo vaksin supaya bisa ke bioskop nonton film terbaru ‘Detektif Geboy’ yang dibintangi Genta KDI 2 dan Lina Geboy Oktober nanti,” ajaknya.

Tokoh Masyarakat yang juga Calon Kepala Desa Pasanggrahan, Sutarlan mengapresiasi kegiatan vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) dan masyarakat yang sudah berpartisipasi pada kegiatan vaksinasi.

”Sehebat apapun penyelenggara kalau tanpa antusias warga, rasanya tidak mungkin berjalan lancar. Terima kasih masyarakat,” ucapnya.

Danramil 13 Cisoka Kapten Infanteri Jefryyansen mengatakan, pihaknya ingin mempermudah warga terkait tempat dan waktu untuk divaksin dengan cara jemput bola.

“Terima kasih panitia, Gerhana, nakes, artis Genta, dan warga yang sudah antusias,” ucapnya.

Peserta vaksinasi. Dedy Suhendar menyambut baik kegiatan vaksinasi malam hari oleh Gerhana karena merasa diuntungkan, dimana tuntutan pekerjaannya sebagai pegawai swasta di Jakarta pada siang hari menghambat untuk vaksinasi guna melindungi diri dan meminimalisasi resiko paparan virus Corona.

“Yang diadakan Gerhana dan Kodim 0510 Tigaraksa ini mempermudah masyarakat. Semoga dapat dicontoh oleh penyelenggara vaksinasi lainnya,” harapnya. (Iqbal Kurnia Musyab/zai)

Back to top button