Kesehatan

Vaksinasi Massal di Cikande Permai Kabupaten Serang Melebihi Target

SERANG, LBC – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang melalui Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat (UPT Puskesmas) Cikande menggelar vaksinasi massal Covid-19 di Lapangan Futsal Cikande Permai, Kamis (9/9/ 2021). Dari target 2.000 warga yang menjadi sasaran vaksin, yang mendaftar vaksin di dua desa sudah lebih dari 2.400 warga atau melebihi target.

Tampak lokasi vaksinasi massal sudah dipadati warga yang menjadi peserta vaksin. Jalannya kegiatan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Kendati ramai, para petugas medis dengan ramah melayani peserta vaksin.

Kepala UPT Puskesmas Cikande Iis Isnawati mengatakan, pihaknya menargetkan 2.000 warga pada vaksinasi massal saat ini.

“Tapi, dari masyarakat yang terdaftar di dua desa sudah melebihi target, ada 2.400 orang yang mendaftar,” ungkap Iis dalam siaran pers yang disampaikan Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang.

Advertisement

Saat ini, kata Iis, tahap pertama sudah lebih dari 750 warga divaksin dosis kesatu. Katanya, vaksinasi massal dibagi dua tahap, yakni pagi sampai siang, dan siang sampai sore. Kata Iis, kegiatan vaksinasi rutin dilakukan UPT Puskesmas Cikande, Koramil, dan Polsek Cikande dan selalu melebihi target.

“Meskipun melebihi target, masyarakat tidak perlu khawatir, tetap bisa divaksin di UPT Puskesmas,” tegasnya.

Di tempat yang sama Camat Cikande, Moch Agoes menambahkan, vaksinasi massal kali ini difokuskan bagi warga dua desa, yakni Desa Cikande Permai dan Desa Cikande. Kedua desa itu, diungkapkan Agoes, penduduk padat.

“Dari target itu dibagi dua shift untuk menghindari kerumunan dan penyebaran penularan Covid-19. Kita bagi dua shift diatur setiap RT dan RW. Pagi sampai jam 12 warga Cikande Permai dan pukul 1 siang sampai jam 4 sore warga Desa Cikande,” terangnya.

Agoes memastikan, pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya rutin dilakukan UPT Puskesmas, Koramil, dan Polsek. Dari jumlah penduduk 60 ribu di wilayahnya, berdasarkan data UPT Puskesmas lebih dari 10 ribu warga Cikande sudah divaksin.

“Itu data Puskesmas, belum termasuk dari Koramil dan Polsek. Setiap minggu Polsek Cikande vaksin 1.500 orang keliling ke desa-desa. Jadi, kalau totalnya 20 ribu lebih warga Cikande sudah menjalani vaksinasi Covid-19,” paparnya.

Selain di Cikande, UPT Puskesmas Tanara juga menggelar vaksinasi massal dengan sasaran 2.000 warga.

Sekaddar informasi, warga yang sudah divaksin ber Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Serang sudah mencapai 466.942 orang dari target 1.259.754 orang atau sudah 37,067 persen. Realisasi itu berdasarkan data dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) tercatat Rabu (8/9/ 2021). (zai)

Back to top button