Kesehatan

Vaksinasi Terbuka untuk Semua, Bupati Serang : Agar Sehat Bersama

SERANG, LBCBupati Serang Ratu Tatu Chasanah meninjau kegiatan Gebyar Vaksinasi Merdeka di PT Gumindo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Rabu (22/9/2021). Tatu memastikan pelayanan vaksinasi di Kabupaten Serang terbuka untuk semua, tak terkecuali warga di luar daerah, kendati kebijakan itu akan menghambat capaian target vaksinasi.

Turut mendampingi Tatu saat meninjau Gebyar Vaksinasi, yakni Kapolres Serang AKBP Yudha Satria. Tatu pun menyempatkan untuk berbincang dengan tenaga kesehatan dan peserta vaksin.

“Pelayanan vaksinasi ini untuk semua dan kita sedang berjuang sehat bersama,” tegas Tatu.

Dengan kebijakan tersebut, Tatu tidak memungkiri, akan berdampak capaian vaksinasi sedikit terhambat, bukan berarti kuota vaksin tidak dimanfaatkan maksimal. Tatu mencontohkan, target vaksinasi di awal menyasar kalangan industri untuk membangkitkan ekonomi, dimana di dalamnya terdapat tenaga kerja dari luar Kabupaten Serang. Kemudian saat menyasar vaksinasi perguruan tinggi, sambung Tatu, juga domosili mahasiswa yang bukan dari putra daerah.

Advertisement

Selain itu, lanjut Tatu, vaksinasi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Serang yang divaksin dari kuota Kabupaten Serang, mayoritas berdomisili di luar daerah.

“Tapi tidak apa-apa, yang penting masyarakat sudah divaksin dan aman. Kita sedang mengupayakan sehat bersama, menciptakan herd immunity (kekebalan bersama) terhadap Covid-19,” ujar Ketua DPD I Golkar Banten ini.

Tatu pun menargetkan, realisasi vaksinasi hingga akhir Desember tahun ini bisa mencapai 70 persen. Untuk mencapainya, kata Tatu, pihaknya sudah membuat rencana aksi hingga menggerakan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Serang.

Alhamdulillah, kerjasama dengan TNI-Polri ini sangat membantu kami Pemda Kabupaten Serang menggerakkan masyarakat untuk divaksin. Bahkan dari TNI-Polri ada jalur membawa vaksin langsung, dan ini sangat membantu,” katanya.

Tatu mengapresiasi kesadaran masyarakat untuk divaksin semakin tinggi. Ia berharap, kuota vaksin untuk Kabupaten Serang tidak terhambat dan bisa maksimal.

“Di awal capaian vaksinasi kita masih rendah, karena kesadaran masyarakat rendah untuk diajak vaksin. Alhamdulillah, sekarang capaian vaksinasi sudah 30,26 persen,” ungkap Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Banten ini.

Di tempat yang sama, Kapolres Serang AKBP Yudha Satria menambahkan, pihaknya selalu koordinasi dengan Pemkab Serang untuk membantu mengejar target vaksinasi. Pihaknya, kata Yudha, dalam melaksanakan kegiatan vaksinasi meminta bantuan tenaga kesehatan (nakes) dari Pemkab Serang.

“Memang dari awal kita terkendala tenaga kesehatan, di Polres Serang hanya ada sembilan orang. Atas kerjasama dengan Dinkes (Dinas Kesehatan), ada support dari Puskesmas untuk vaksinasi massal,” terangnya.

Katanya, kepolisian terus mengedukasi masyarakat agar mau divaksin. Bahkan memberikan bantuan beras sekira 2.000 paket untuk masyarakat yang mau divaksin di PT Gumindo.

“Dari polisi kami mengedukasi kepada masyarakat, memberikan pemahaman, melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat agar mengajak yang lainnya untuk divaksin,” tandasnya. (zai)

Back to top button