Kesehatan

Vaksinator Polsek Balaraja: Lansia Harus Segera Divaksin, Ini Alasannya!

TANGERANG, LBCPolsek Balaraja menggelar vaksinasi dosis pertama di Mapolsek Balaraja, Kabupaten Tangerang, Jumat (10/9/2021). Vaksinasi terbuka untuk umum, termasuk lanjut usia (lansia) yang harus segera divaksin karena sudah lemah sehingga dinilai rentan tertular Covid-19.

Kegiatan vaksinasi disambut antusias warga yang menjadi peserta vaksin. Tak sedikit lansia yang ikut mengantre untuk divaksin. Kegiatan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Koordinator Vaksinator Kegiatan Vaksinasi di Polsek Balaraja dr Meidina Ananda mengajak warga, khususnya lansia agar sadar akan pentingnya vaksin. Meskipun lansia sudah tidak banyak beraktivitas, tetapi menurut Meidina, penularan Covid-19 bisa datang dari keluarga terdekat yang masih berusia muda karean mobilitas tinggi di luar rumah.

“Apalagi daya tahan tubuh lansia (immunitas-red) cenderung lemah sehingga rentan tertular Covid-19,” terangnya.

Advertisement

Lantaran itu, kata Meidina, penting bagi lansia untuk segera divaksin untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa meminimalisasi risiko terpapar virus corona. Meidina mengimbau warga, terutama lansia agar tidak terpengaruh berita hoax (bohong) tentang vaksin yang dapat membahayakan tubuh. Katanya, seseorang yang hendak divaksin harus melewati proses screening yang memberikan rekomendasi untuk disuntik atau tidak.

“Lansia jangan takut divaksin. Ini (vaksin-red) justru banyak manfaatnya agar hidup lebih sehat,” imbaunya.

Sementara itu, salah satu wanita lansia, Elly Maryati mengaku, usianya sudah menginjak 68 tahun. Warga Kampung Kabembem, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang ini mengaku antusias mengikuti vaksinasi. Elly pun sampai rela berpanas- panasan untuk mengikuti vaksinasi dosis pertama di Polsek Balaraja. Menurutnya, dengan vaksinasi maka ia akan terhindar dari paparan Covid-19 sehingga bisa lancar dalam beraktivitas.

Elly pun bercerita, jika ia sempat mendapat kendala untuk mengikuti suntik vaksin. Terutama saat memasuki tahapan screening tensi darahnya naik. Hal itu memaksa Elly diminta Nakes untuk beristirahat sampai kondisi Elly normal dan bisa disuntik vaksin.

“Saya Insya Allah segar bugar, enggak punya penyakit, apalagi darah tinggi. Tapi enggak tahu ya pas ditensi kenapa naik. Kecapean kali lah,” kelitnya.

Elly pun menilai penting mengikuti vaksinasi bagi lansia untuk meningkatkan imunitas. Namun, tidak sedikit pula dari rekannya yang enggan disuntik vaksin. Untuk itu, Elly menyampaikan terima kasih kepada Polsek Balaraja yang memudahkannya mendapat suntik vaksin.

“Saya girang banget bisa divaksin. Sekarang sudah bisa ke mall, sudah lama saya enggak main ke Lippo Supermal Karawaci. Sekalian pengen sehatlah intinya,“ tukasnya disambut tawa pendengar ceritanya.

Hal senada disampaikan peserta vaksinasi lainnya, Saprudin Surya (61). Warga Kampung Balong, Desa Sukamulya ini saat menjalankan tugas kunjungan ke mitra perusahaannya, tidak boleh masuk karena belum divaksin. Padahal, saat itu rekan-rekannya diperbolehkan masuk.

“Waktu itu di Cilacap kami enam orang, yang lima sudah vaksin. Saya doing sendirian enggak boleh masuk,” keluhnya. (Iqbal Kurnia Musyab/zai)

Back to top button