Kesehatan

Wakil Bupati Serang Pastikan Vaksinasi Anak Aman

SERANG, LB – Wakil Bupati (Wabup) Serang Pandji Tirtayasa meminta para orang tua siswa Sekolah Dasar (SD) untuk mengizinkan anaknya mengikuti vaksinasi Covid-19 agar segera terwujud herd immunity di Kabupaten Serang. Pandji memastikan, vaksinasi anak relatif lebih aman ketimbang dewasa.

Demikian ditegaskan Pandji usai meninjau kegiatan Vaksinasi Serentak Indonesia dalam rangka percepatan vaksin menuju herd immunity nasional di wilayah hukum Polres Serang di Pabrik PT Poliplex Kawasan Modern Cikande, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Rabu (9/3/2022).

Di Kawasan Modern Cikande, Pandji mendampingi Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugraha dan Kapolres Serang AKBP Yudha Satria.

“Untuk vaksinasi sampai saat ini sudah tidak ada kendala, kecuali anak-anak masih ada kendala,” aku mantan birokrat yang pernah menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang ini.

Advertisement

Disebutkan Pandji, kendala vaksinasi anak lantaran orangtua siswa masih belum rela mengizinkan anaknya divaksin Covid-19, dipicu mendengar informasi hoax bahwa anak-anak berbahaya untuk divaksin.

Padahal, ditegaskan Pandji, secara teknis vaksinasi anak lebih aman, karena tidak mempunyai komorbid, penyakit jantung, atau asam urat.

“Jadi, relative lebih aman. Makanya, kita sosialisasikan terus bahwa vaksinasi anak adalah vaksinasi paling aman,” tegas politisi PDI Perjuangan ini didampingi Kepala Bidang (Kabid) Dokter Kesehatan (Dokkes) Polda Banten Kombes Pol Agung Widodo.

Terkait vaksinasi serentak yang digelar Polres Serang, Pandji mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI-Polri yang sudah bersama-sama melaksanakan vaksinasi, karena Covid-19 adalah musuh bersama.

“Jika hanya dibebankan kepada pemerintah daerah saja tidak akan mampu. Makanya, pimpinan negara memerintahkan kepada seluruh kekuatan, termasuk TNI-Polri untuk bersama-sama memerangi Covid-19 dengan vaksinasi,” terangnya.

Dilaksanakannya vaksinasi di Kawasan Industri Modern Cikande, diungkapkan Pandji, sesuai perintah Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo.

“Ini (Vaksinasi-red) tidak lain untuk melindungi masyarakat Kabupaten Serang,” jelas Ketua Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari) Banten ini.

Sementara itu, Kabid Dokkes Polda Banten Kombes Pol Agung Widodo mengungkapkan, target vaksinasi booster atau dosis tiga di wilayah hukum Polda banten sebanyak 12.500 jiwa. Sedangkan target di Pabrik PT Poliplex Kawasan Modern Cikande sebanyak 1.000 jiwa.

“Kegiatan vaksinasi serentak tidak hanya di titikberatkan di industri, tetapi kemarin kita laksanakan di masyarakat umum Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Tujuannya sama, untuk melindungi masyarakat Kabupaten Serang, umumnya Provinsi Banten dari Covid-19,” terangnya. (Nizar)

Back to top button