Pemerintahan

Pandemi, Walikota Serang Klaim Pembangunan Masih Sesuai RPJMD

SERANG, LBC– Menginjak usia 14 tahun Kota Serang, Walikota Serang Syafrudin mengklaim jika pembangunan yang dilaksanakan Pemkot Serang masih sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) meski anggaran mengalami recofusing (pengalihan) untuk penanganan Covid-19.

Hal itu diutarakan Syafrudin seusai mengikuti Rapat Paripurna terbatas Hari Jadi Kota Serang ke-14 di Gedung DPRD Kota Serang, Selasa (10/8/2021).

Rapat hanya dihadiri Sekda Pemkot Serang Nanang Saefudin, Pimpinan DPRD Kota Serang beserta perwakilan anggota, Asda I Pemprov Banten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan jumlah tamu undangan lainnya. HUT Kota Serang kali ini tidak dirayakan meriah karena menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Dari tahun 2020 sampai 2021, kita sedang terkena musibah virus corona. Akan tetapi, kami Pemkot bersama legislatif tidak akan menyerah. Kami akan terus berjuang, di samping penanganan Covid harus selesai. Kemudian pembangunan Kota Serang tidak stagnan,” paparnya.

Advertisement

Soal capaian kinerja kepemimpinannya bersama Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin, diungkapkan Syafrudin, banyak yang sudah dilaksanakan. Mulai dari pembangunan infrastruktur, seperti jembatan, jalan, dan drainase. Kemudian penanganan titik banjir, bidang kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

“Jadi banyak perubahan. Selama dua tahun ini kita bekerja. Saya kira kami bekerja dengan program serta visi misi yang tertuang di RPJMD,” klaim Ketua DPD PAN Banten itu.

Kata Syafrudin, pihaknya tidak menampik pandemi Covid-19 berdampak pada anggaran pembangunan yang harus mengalami recofusing untuk penanganan Covid-19.

Pada 2020, diungkapkan Syafrudin, terjadi recofusing anggaran besar-besaran, termasuk pada 2021 anggaran yang di-refocusing lebih besar.

“Bahkan di setiap OPD, kelurahan, dan kecamatan ada anggaran untuk penanganan Covid-19, serta pemberian bantuan sosial bagi masyarakat,” ungkap mantan birokrat tersebut.

Sementara itu, Sekda Kota Serang Nanang Saefudin mengungkapkan, progres RPJMD saat ini mencapai 60 persen. Sisanya, kata Nanang, akan digenjot pada akhir jabatan Walikota dan Wakil Walikota Serang. Menurutnya, saat ini masih ada waktu untuk mengejar pembangunan sesuai RPJMD, karena jabatan yang diemban pasangan Syafrudin-Subadri masih tersisa dua tahun setengah.

“Untuk target RPJMD, beliau kan (menyebut Syafrudin dan Subadri-red) masih 2,5 tahun lagi. Jadi, target hasil evaluasi kemarin dengan DPRD sudah mencapai 60 persenan, dan 40 persen kita akan genjot di akhir kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota,” tegasnya. (Sofi Mahalali/zai)

Back to top button