Kesehatan

Walikota Tangerang Beri Sinyal Positif Tes Urine ASN

TANGERANG, LBC– Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang memberi sinyal lampu hijau untuk pelaksanaan tes urine narkotika bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Tangerang, sesuai aturan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 02 Tahun 2020 untuk Tes Urine ASN minimal 3 persen dari jumlah keseluruhan.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengaku, belum menerima permintaan tes urine untuk ASN di lingkungan Pemkab Tangerang. Kendati begitu, Arief menyambut baik tes urine ASN terrsebut.

“Belum ada permintaan ke saya. Kalau ada saya izinin,” tegas Arief kepada awak media di Gedung Pemkot Tangerang, Jumat (1/10/2021).

Untuk teknisnya, kata Arief, menjadi kewenangan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangerang.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kesatuan Bangsa pada Kesbangpol Kota Tangerang Amir Hamzah mengatakan, pihaknya sudah mengalokasikan anggaran untuk tes urine tahun ini. Namun, anggaran direfocusing akibat pandemic Covid-19.

“Pelaksanaannya langsung di BNN (Badan Narkotika Nasional). Tahun ini tidak dilaksanakan ke Kesbangpol, yang tes urine dilaksanakan ke masyarakat dan beberapa perusahaan,” terangnya.

Terkait itu, Kepala BNN Kota Tangerang Satrya Ika Putra menegaskan, pihaknya siap melaksanakan tes urine untuk ASN Kota Tangerang jika sudah mendapatkan lampu hijau dari Walikota. Pihaknya ingin segera melaksanakan tes urine lantaran alat hibah dari Kesbangpol yang diterima sebanyak 500 sudah mendekati kadaluarsa.

“Saya sudah sampaikan akhir tahun ini (alat tes urine-red) kedaluwarsa. Ada yang sudah kadaluarsa. Yang sebelum kadaluarsa kita serahkan ke masyarakat,” ujarnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button