Desa

Warga Saninten Pandeglang Diminta jadi Polisi dan Taat Prokes

PANDEGLANG, LBC – Masyarakat Desa Saninten, Kecamatan Kaduhejo, Pandeglang diminta menjadi polisi diri sendiri untuk menjaga keamanan lingkungannya dan taat menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Hal itu terungkap pada Musyawarah Desa (Musdes) di aula Kantor Desa Saininten, Selasa (21/9/2021). Musdes dihadiri Kepala Desa Saninten Mukri Harir dan perangkatnya, Kasi Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Pemerintah Kecamatan Kaduhejo Fadhil, Bhayangkara Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Saninten Polsek Banjar Brigadir Polisi (Brigpol) Andri Cahyono, Pendamping Desa Saninten, Ketua RT/RW se-Desa Saninten, serta Tokoh Masyarakat Desa Saninten.

Bhabinkamtibmas Desa Saninten Brigpol Andri Cahyono menilai, pentingnya keamanan dan ketertiban masyarakat di desa. Oleh karena itu, Andri mengajak masyarakat Desa Saninten berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya.

“Jadi, dengan slogan jadilah polisi untuk diri sendiri yang berarti menjaga rumahnya sendiri dan lebih luas menjaga lingkungannya,” ujarnya.

Advertisement

Sementara itu, Kades Saninten Mukri Harir menjelaskan, Musdes digelar untuk menentukan kebijakan pada program-program desa. Menurutnya, perlu ada masukan-masukan dari masyarakat untuk menentukan program prioritas, baik pembangunan insfratuktur atau lainnya.

Kata Mukri, Musdes merupakan forum permusyawaratan tertinggi tingkat desa karena mempertemukan seluruh elemen masyarakat, baik berbasis kepentingan maupun kewilayahan untuk membahas dan mengambil keputusan atas hal atau isu strategis yang terjadi di desa.

Terpisah, Kapolsek Banjar AKP Satir memastikan, Musdes di Desa Saninten berjalan aman dan lancer. Satir pun mengimbau masyarakat agar taat prokes selama pandemic Covid-19.

“Saya mengajak semua elemen masyarakat untuk terus kompak menangani masalah Covid-19. Tentunya, dengan kebersamaan melakukan perlawanan penyebaran Covid-19,” tutup Satir. (M Hafidz Faturohman/zai)

Back to top button