Pemerintahan

WH: Pembangunan di Banten Cukup Berhasil Sesuai RPJMD

SERANG, LB – Memasuki usia ke-21 Provinsi Banten, Gubernur Banten Wahidin Halim menyikapi perkembangan pembangunan di Provinsi Banten. Pejabat yang akrab disapa WH itu menilai pembangunan selama periodenya yang dituangkan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) cukup berhasil.

Hal itu diungkapkan WH menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Provinsi Banten saat bincang-bincang di BantenPodcast (LingkarBanten.Com dan MediaBanten.Com group) yang dipandu Iksan Ahmad sebagai host di rumah Dinas Gubernur Banten, Jalan Ahmad Yani, Kota Serang, Minggu (3/10/2021) malam sekira pukul 19.00 WIB.

WH mengatakan, terhitung Mei 2022 merupakan masa berakhir jabatannya sebagai Gubernur Banten atau menyisakan delapan bulan mengemban amanah sebagai orang nomor satu di Provinsi Banten. Selama dua tahun terakhir, diakui WH, pembangunan terkendala hampir di semua daerah, termasuk di Provinsi Banten karena diselingi kondisi adanya wabah Covid-19 sehingga berdampak terhadap pembangunan.

“Saya kira masyarakat memahami karena kemarin sempat diselingi oleh suatu kondisi virus atau kondisi abnormal yang dialami semua daerah maupun negara-negara di dunia. Ini sangat berpengaruh dan memberikan dampak terhadap target-target yang kami sudah sepakati dalam RPJMD,” ujarnya.

Advertisement

Padahal, kata politisi Partai Demokrat itu, pihaknya sudah melaksanakan visi misi yang tertuang pada RPJMD yang sudah disepakati bersama dan menjadi bagian dari komitmennya sebagai kepala daerah dalam pembangunan.

“Ini (Covid-red) berpengaruh terhadap capaian kami tentunya. Walaupun saya merasa apa yang kami capai juga sudah cukup berhasil,” katanya.

Menurut WH, ekspektasi tahun pertama periodenya memimpin Banten di berbagai sektor pembangunan yang sudah disepakati cukup berhasil.

“Apalagi kalau 2021 periode pertama bisa kita lanjutkan. Artinya kegiatan ini bisa jadi ukurannya indikator RPJMD, saya sudah melaksanakan tugas dengan baik,” tegasnya.

WH juga menilai, ekspektasi terhadap keadaaan Banten yang cukup besar sudah bisa dirasakan suasananya oleh masyarakat ketika Banten melepaskan diri dari Jawa Barat dan sudah berjalan selama 20 tahun.

“Di angka 21 (usia 21 tahun Provinsi Banten-red) ini sangat diharapkan (perkembangan pembangunan-red). Ini memang menjadi subjektivitas, tapi masyarakat sudah terpenuhi hasratnya. Masyarakat sudah bisa menikmati hasilnya menjadi sangat relatif,” nilai mantan Walikota Tangerang itu.

Namun soal kinerja berdasarkan prioritas yang sudah ditetapkan, WH merasa apa yang dilakukannya selama menjabat sudah maksimal dan memenuhi keinginan masyarakat.

“Walaupun saya tahu bahwa tidak bisa juga ini (hasil kinerjanya-red) memuaskan semua orang,” aku pejabat yang pernah duduk di kursi DPR RI ini.

Salah satu yang dinilai berhasil dibangun Pemprov, yakni Infrastruktur yang sudah bisa dirasakan masyarakat, selain Sport Center bertaraf internasional yang dibangun di kawasan Curug, Kota Serang. (zai)

Back to top button