Peristiwa

Yasonna Laoly Apresiasi BPBD Kota Tangerang Tangani Kebakaran Lapas

TANGERANG, LBCMenteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly berduka atas kebakaran yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Kota Tangerang, Rabu, (8/9/2021) dini hari, yang menelan 41 korban jiwa narapidana di lokasi kejadian. Kendati demikian, Laoly mengapreasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang yang cepat dan tanggap menangani peristiwa nahas tersebut.

“Saya turut berbela sungkawa atas peristiwa kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas 1 Kota Tangerang pagi tadi,” ucap Laoly dalam Konferensi Pers usai meninjau lokasi kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (8/9/2021) siang.

Dugaan sementara, kata Laoly, kebakaran terjadi akibat arus pendek listrik, tetapi masih dalam proses identifikasi. Namun, laoly mengapresiasi mengeapresiasi kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, khususnya BPBD yang sigap melakukan pemadaman sesaat setelah menerima laporan.

“Terima kasih kepada pihak Pemkot Tangerang yang telah memberikan respons dengan cepat. Hanya butuh waktu 13 menit untuk petugas pemadam sampai di lokasi dan melakukan pemadaman,” ucapnya

Advertisement

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangerang Ghufron Falfelli mengatakan, pihaknya menerjunkan 12 unit kendaraan pemadam kebakaran (damkar) dan 65 personil untuk melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi kejadian. Walaupun akses masuk Lapas, menurutnya, tidak mudah dilalui, tetapi para petugas berhasil menguasai titik api berkat koordinasi yang baik dengan para petugas Lapas.

“Seperti yang kita ketahui, akses masuk ke dalam lapas itu sangat sulit dan tidak mudah untuk dilalui semua orang. Namun, kami koordinasi dengan pihak lapas dan dapat melakukan pemadaman kurang dari satu jam,” katanya.

Informasi yang dihimpun lingkarbanten.com, penanganan kasus kebakaran di Lapas Kelas 1 Kota Tangerang terdiri atas beberapa tim, di antaranya tim identifikasi, tim pemulasaran pemakaman, tim pemulihan keluarga, tim urusan stakeholder, dan tim hubungan masyarakat (humas). Untuk keluarga korban maupun penghuni Lapas yang membutuhkan informasi dapat mengunjungi ruang Crisis Center di depan Lapas Kelas 1 Kota Tangerang. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button